Connect with us

Komunikasi Sosial

Kejari Jember Tingkatkan Kesadaran Hukum Masyarakat dan Bansos Pengobatan Gratis

Diterbitkan

||

Bersama Ketua LKNU dan Kajari Jember memantau jalannya pemeriksaan kesehatan di kantor Desa Subo. (ist)
Bersama Ketua LKNU dan Kajari Jember memantau jalannya pemeriksaan kesehatan di kantor Desa Subo. (ist)

Jember, Memontum – Untuk meningkatkan kesadaran hukum bagi masyarakat Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) Jember bersinergitas dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Jember dan PT Rolas Medika dan menggelar penyuluhan hukum dan pemeriksa serta pengobatan gratis.

Menurut Kepala Kejari Jember Prima Ihwan Mariza, selain masyarakat mendapat penyuluhan tentang hukum tetapi juga bagaimana meningkatkan kesadaran hukum masyarakat.

“Contoh sederhana, bagaimana masyarakat taat hukum, bagaimana menjalankan syariah islam, kalau orang taat agama, pasti taat hukum,” ujarnya saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (28/1/2020) siang.

Penyuluhan tentang kesadaran hukum kepada masyarakat, bukan hanya semata untuk mempertahankan predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) tahun 2019, akan tetapi sudah merupakan tugas dan kewajiban kejaksaan.

“Bukan hanya itu, tetapi bagaimana kejaksaan memberi pelayanan terbaiknya, ada atau tidak ada WBBM, memang ini merupakan tugas,” tegas Pria yang baru menyabet gelar doktor ini.

Prima menerangkan implementasi dari pasal 32 Undang-undang Kejaksaan tentang peningkatan hukum masyarakat juga merupakan tanggung jawab kejaksaan, bagaimana menciptakan suasana wilayah yang kondusif.

“Target kita, bagaimana menciptakan jember sebagai kota literasi hukum nasional. Denyut kehidupan di kabupaten Jember ini, berdasarkan aturan-aturan yang ada,” jelasnya.

Prima juga mengaku pernah sosialisasi di pesantren, sekolah, perguruan tinggi, kedesa-desa, hutan, namun sekarang cukup berbeda, yang mana kegiatan bakti sosial pengobatan gratis sekaligus peyuluhan kesadaran hukum pada masyarakat.

“Dengan adanya taat hukum, maka juga akan taat segalanya baik itu norma, itu efek positifnya, jadi kita datang kesini dan berharap tidak selesai hanya disini saja, bahkan ada mimpi besar kita, agar di sini ada klinik, meskipun sementara dibuat kecil dahulu, dari kecil, menjadi besar,” harapnya.

Sementara Ketua LKNU Jember Irma mengaku, bahwa kegiatan ini memang perdana dalam kepengurusan yang baru, kedepannya akan dilakukan 2 kegiatan, pertama tentang pendidikan dan kesehatan yang diwadahi oleh Nahdlatul Ulama.

“Termasuk support dari Kajari, PT Rolas Medika, Muspika Pakusari dan Pemdes Subo mensinergikan tupoksi masing-masing, tujuan utamanya ini, memberikan layanan kesehatan masyarakat berupa pemeriksaan gratis, penyuluhan hukum, kesehatan mata, demam berdarah, hepatitis,” urainya.

LKNU Sambung Irma, juga akan melakukan screenning di beberapa Ponpes di Kabupaten Jember, sedangkan untuk penempatan lokasi di kantor Desa Subo, Kecamatan Pakusari, memang ada anggota yang dari setempat dan terlebih dahulu berkoordinasi.

“Ke depan akan ada kegiatan yang reguler yang melibatkan instansi lain, ” ungkap Irma. (gik/yud/oso)

 

Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komunikasi Sosial

Smartfren Lakukan Penyemprotan Disinfektan Perum BTB Jember

Diterbitkan

||

Petugas Smartfren melakukan penyemprotan (Tog)
Petugas Smartfren melakukan penyemprotan (Tog)

Jember, memontum – Smartfren Indonesia melakukan penyemprotan Disinfektan sekitar 100 rumah milik warga Perumahan Bumi Tegal Besar (BTB) di kelurahan Tegal Besar Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember, Jumat (22/5/2020) siang.

Supervisor dan Promotor Smartfren Jember Safira mengatakan selain rumah warga, penyemprotan juga dilakukan pada tempat ibadah dan tempat Fasilitas umum seperti balai pertemuan warga.

Safira bersama tim. (tog)

Safira bersama tim. (tog)

“Ini semua dilakukan guna mengantisipasi penyebaran Virus Covid-19 khususnya di perum BTB,” Ujar Safira di sela – sela penyemprotan, kita menerjun 5 petugas penyemprot, ” imbuhnya.

Safira menghimbau Masyarakat untuk membatasi diri, tidak keluar rumah kalau tidak mendesak dan mematuhi himbauan pemerintah seperti bekerja dan belajar dirumah, sebagai langkah mencegah penyebaran Virus Korona.

Terlihat pada kesempatan itu Smartfren juga merilis Kartu Perdana 10N +( baca : ion plus ) seharga 20 ribu yang memberikan berbagai macam keuntungan.

Keuntungan diantaranya pelanggan yang membeli dan mengaktifkan kartu perdana 10 N+ akan mendapatkan benefit aktifasi kartu perdana sebesar 0,5 GB setiap bulannya selama 6 bulan dengan total kuota 3 GB.

“Untuk setiap pembelian Voucer data,pelanggan juga akan mendapatkan bonus kuota mingguan dengan total bonus kuota hingga 13 GB selama satu tahun dan masa aktifnya sangat panjang hingga 365 Hari, ” ungkapnya.

Keuntungan lainnya adalah kuota yang didapat pelanggan semuanya adalah kuota utama dan dapat digunakan ke semua Aplikasi untuk Chatting, video streaming dan sosial media (FB, IG,Twitter dan lainnya).

Sementara ketua RT 05 Very Sagria SH menyampaikan terima kasih dengan adanya penyemprotan disinfektan oleh Smartfren Indonesia, apalagi disaat kita membutuhkan pencegahan virus covid-19 di puncak bulan Romadhon ini.

“Karena semua bantuan ini Gratis baik baik tenaga maupun bahan yang digunakan,” katanya.

Semoga kedepan Smartfren bisa bekerjasama bukan hanya pada saat Pandemi Covid – 19 akan tetapi bisa ke program lainnya, selama untuk kebaikan warga RT 05 siapapun silahkan termasuk untuk kebaikan lingkungan.

“Kita selama ini selalu saling memberi dan menerima dengan pihak – pihak yang memberikan kontribusi pada kebaikan di lingkungan RT 05 khususnya dan RW 18 pada umumnya, ” pungkasnya. (tog/yud/oso)

 

Lanjutkan Membaca

Komunikasi Sosial

Bersyukur Skripsi Selesai, Mahasiswa UIJ Bagi Sembako

Diterbitkan

||

Bersyukur Skripsi Selesai, Mahasiswa UIJ Bagi Sembako

Memontum, Jember – Usai sidang skripsi, beberapa mahasiswa Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Jember (UIJ) Rabu (13/5/2020) siang, menggelar Bakti Sosial dengan membagi-bagikan sembilan bahan pokok (sembako) berupa beras dan minyak goreng kepada para penarik becak.

Pasalnya sekitar 20 mahasiswa melakukan sidang skripsi Dalam Jaringan (Darling). Usai melaksanakan sidang para mahasiswa tersebut mamanjatkan rasa syukur dengan patungan membeli beberapa sembako. Hasil dari patungan itu dibagikan kepada tukang becak di pinggiran kota Jember.

“Kegiatan ini dilakukan tanpa perencanaan, semua dilakukan spontanitas. Kegiatan ini sebagai bentuk rasa Syukur kami telah diberi kelancaran dalam mengikuti sidang Darling”, jelas salah-satu peserta sidang As’at Syamsul Arifin dalam rilis yang direrima redaksi, Kamis (14/5/2020) siang.

Lebih lanjut, mantan pimpinan umum Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Mitra ini menyampaikan bahwa jumlah sembako yang disediakan terbatas, sehingga menurutnya hanya disalurkan kepada abang becak yang sedang beroperasi. Apalagi saat wabah Virus Corona (Covid-19) ini mereka kemungkinan besar jarang mendapat pelanggan.

Hal senada disampaikan Siti Kholifah Hasanah, mantan ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Tarbyah menuturkan bahwa bentuk syukur juga harus diikuti perbuatan.

“Semoga yang kami lakukan ini bisa menjadi motivasi bagi mahasiswa lainnya. “Setidaknya kami bisa bermanfaat bagi orang lain”, kata Mahasiswi yang berhasil tuntaskan ujian terakhir ini. (yud/oso)

 

Lanjutkan Membaca

Komunikasi Sosial

Jelang Buka Puasa, Komunitas Sepeda GGT, Bagikan 150 Kotak Nasi

Diterbitkan

||

Petugas kepolisian bersama anggota Komunitas sepeda GGT bagikan takjil. (Yud)
Petugas kepolisian bersama anggota Komunitas sepeda GGT bagikan takjil. (Yud)

Memontum Jember – Jelang berbuka puasa, Komunitas Sepeda Goes Goder Tanggul (GGT) bagikan – bagi takjil pada warga, tukang becak dan tukang parkir serta gelandangan di sepanjang jalan raya kecamatan Tanggul, Minggu (10/5/2020) sekitar pukul 16.30.

Pembagian makanan berbuka puasa ini dibagikan bersama Kepolisian sektor (Polsek) Tanggul Polres Jember, dikarenakan masa pandemi Covid – 19, pembagian dilakukan tetap menggunakan protokol kesehatan.

Petugas kepolisian Polsek Tanggul dan beberapa anggota komunitas sepeda GGT membagikan sebanyak 150 nasi kotak dan 3 dos minuman teh kemasan dari atas mobil Strada milik Polsek Tanggul.

Selain itu mereka menggunakan masker dan menjaga jarak (phsycal distancing), Aksi ini sontak mendapat respons positif dari warga sekitar, ratusan warga secara bergantian mengambil takjil yang dibagikan.

Ketua komunitas Sepeda GGT, Munip warga desa Manggisan kecamatan Tanggul mengatakan pembagian takjil merupakan wujud kepedulian keluarga GGT kepada masyarakat muslim yang berpuasa.

“Bagi-bagi takjil ini digelar sebagai bentuk berbagi kepada sesama di bulan suci ramadhan di tengah pandemik Covid-19, juga sebagai ajang sarana silaturahmi antara GGT dengan masyarakat,” ujarnya.

Munip mengatasnamakan Komunitasnya GGT juga mengucapkan terima kasih kepada petugas kepolisian yang telah menyediakan mobil untuk tempat makanan dan memberi pengawalan selama pembagian takjil.

“Terima kasih kami sampaikan kepada polsek Tanggul yang telah mengawal kami dalam pembagian dan juga bersama sama membagikan takjil, ” ucapnya.

Sementara petugas kepolisian dari Polsek Tanggul Aiptu Joko Lybw mengatasnamakan Kapolsek tanggul AKP Sugeng Riyanto, selain bagi-bagi takjil juga mengimbau masyarakat untuk tetap memperhatikan imbauan pemerintah dan mengikuti protokol kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran wabah virus corona, ” ungkapnya. (yud/oso)

 

Lanjutkan Membaca

Trending