Pemerintahan

Disnakertrans Jember, Beri Bekal Mantan Pekerja Migran

Diterbitkan

-

Disnakertrans Jember, Beri Bekal Mantan Pekerja Migran

Jember, Memontum – Dinas tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Jember, Sabtu (16/11/2019) siang, memberikan Pembekalan teknis untuk Wirausaha Tenaga Kerja Mandiri dan penyerahan bantuan alat – alat produksi dari Kementrian tenaga Kerja Republik Indonesia kepada para mantan buruh Migran serta penyerahan dilakukan di Pendopo Balai Desa Sabrang, Kecamatan Ambulu Jember.

Tenaga kerja sukarela (TKS) dari Kementrian Tenaga Kerja Republik Indonesia Dinta Rahmawati saat ditemui mengatakan, kegiatan pembekalan tehnis Tenaga Kerja Mandiri ini berlangsung selama dua hari dari tanggal 15 -16 November 2019, yang diikuti sekitar 20 orang ibu – ibu mantan pekerja Migran dan keluarga Migran.

“Kita memberikan jenis pelatihan produksi, seperti produksi kripik papaya dan kerupuk singkong dan menyerahkan bantuan berupa pengering makanan, peralatan penggorengan seperti wajan, pisau dan lain lain, selain itu kita juga memberi pelatihan cara menggunakan alat,” ujarnya.

Dinta juga menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian dalam upaya meningkatkan ketrampilan dan kemampuan berusaha serta meningkatkan dan menumbuhkan semangat dan jiwa berwirausaha dalam membangun tenaga kerja yang mandiri dan berdaya saing.

Advertisement

“Pelatihan ini juga mewujudkan kemandirian dan kesejahteraan Masyarakat di Kabupaten Jember,” katanya.

Menurutnya, mengingat kewirausahaan memiliki peran penting sebagai motor pengerak ekonomi dan pembangunan daerah, diharapkan agar pelaku usaha ini bersungguh – sungguh dalam menjalankan usahanya agar kelak bisa Mandiri.

“Besar harapan kami, pelatihan ini bisa menumbuhkan wirausaha baru dan menambah lapangan kerja serta menyerap tenaga kerja baru,” harapnya.

Pendampingan untuk manajemen usaha kata Dinta, Kami memberikan pendampingan manajemen usaha dari Agustus lalu-Desember, tapi di luar acara pembekalan, tiap minggu ikut ibu ibu kegiatan produksi, jualan, rapat dll.

Advertisement

”Sampai bulan Desember langsung di dampingi oleh TKS, kami berharap Pesertanya tidak hanya berhenti sampai dipelatihan saja, akan tetapi terus melanjutkan hingga kesejahteraannya terpenuhi sampai kewirausahan mantan pekerja Migran dan keluargannya ini bisa menjalankan usahanya secara mandiri,” pungkasnya.

Diketahui acara penyerahan alat – alat Produksi dari Kementrian tenaga Kerja Republik Indonesia dihadiri dan dibuka sekretaris Disnaker Jember Ratno Sembada Cahyadi dan Kasi Disnakertrans Jember Helmi. (tog/yud/oso)

 

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Trending

Lewat ke baris perkakas