Pemerintahan

Lagi, Pemkab Jember Seleksi 4.000 Calon Penerima Beasiswa

Diterbitkan

-

Lagi, Pemkab Jember Seleksi 4.000 Calon Penerima Beasiswa

Jember, Memontum – Setelah tahun 2019 memberikan beasiswa sekitar 20 ribu mahasiswa, kembali Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember melakukan seleksi pada 4.000 mahasiwa sebagai calon penerima beasiswa dari Pemkab Jember.

Kepala Dinas Pendidikan kabupaten Jember, Edy Budi Susilo mengatakan, pada tahap kali ini, pemkab Jember memanggil pemohon beasiswa tahun 2020 untuk dilakukan test wawancara, test wawancara dilakukan di Pendopo Wahyawibawagraha, Selasa (21/1/2020) siang.

Sejumlah Pejabat Pemkab Jember melakukan test wawancara kepada calon penerima beasiswa Pemkab Jember. (gik)

Sejumlah Pejabat Pemkab Jember melakukan test wawancara kepada calon penerima beasiswa Pemkab Jember. (gik)

“Mulai hari ini, selasa tanggal 21 Januari hingga 31 Januari 2020 pelaksanaan test wawancara mahasiswa tersebut, karena banyaknya pemohon, sesuai data yang kami terima ada sekitar 4.000 pemohon,” ujar Edy, saat ditemui wartawan di sela-sela seleksi, Selasa (21/1/2020) siang.

Edy mengaku, pada hari pertama Pemkab Jember mengundang 600 mahasiswa dan setiap harinya selama 7 hari kedepan, sedangkan bagi mahasiswa yang tidak hadir, dirinya telah menyiapkan pada tanggal 30 dan 31 Januari 2020.

“Mungkin masih ada kesibukan di kampus, ada diluar kota dan sebagainya, nanti kita siapkan waktu, hari terakhir, ” katanya.

Advertisement

Untuk penerima beasiswa sendiri, secara khusus harus memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Kabupaten Jember, elain beberapa syarat yang lain dan melampirkan surat tidak mampu dari Pemerintah Desa setempat.

“Ada 19 kriteria yang prioritas, diantaranya Hafidz dan Hafidzah, anak prestasi, anak kader posyandu, anak Pekerja Sosil Masyarakat (PSM), petani dan sebagainya,” paparnya.

Sedangkan, untuk beasiswa dari Pemkab Jember kata Edy, di prioritas bagi golongan warga tidak mampu, tetapi punya keinginan belajar dan kuliah sampai selesai.

“Bupati konsen untuk pendidikan anak-anak ini, agar Sumber Daya anak di kabupaten jember terus hingga usia lanjut,” ungkapnya.

Advertisement

Edy menerangkan, untuk mendapat beasiswa harus melalui tahapan -tahapan diantaranya, setelah test wawancara masih ada tahapan uji publik, layaknya atau tidaknya pemohon mendapat beasiswa dari Pemkab Jember.

“Setelah diwawancarai, baru kita uji publik, baru ketahuan nanti, yang mampu tetapi mengajukan beasiswa, maka akan kita cek, setelah uji publik,” pungkas Edy. (gik/yud/oso)

 

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Trending

Lewat ke baris perkakas