Hukum & Kriminal

Agar Lancar Curi Kotak Amal, Maling Gigit Kabel CCTV

Diterbitkan

-

Tersangka pencuri kotak amal saat diinterogasi di Mapolsek Kaliwates. (gik)
Tersangka pencuri kotak amal saat diinterogasi di Mapolsek Kaliwates. (gik)

Jember, Memontum – Sebelum melakukan aksi pencurian kotak amal di masjid yang berada di lingkungan karangmluwo kelurahan mangli Mochammad Hari Prasetyo (25) menggigit kabel CCTV hingga putus dengan tujuannya menghilangkan jejak, namun sayangnya, aksinya tersebut diketahui marbot masjid yang saat itu berada didalam masjid.

“Tersangka melakukan pencurian kotak amal masjid, agar aksinya tidak diketahui, tersangka memutus kabelnya,” kata Kapolsek Kaliwates Kompol Edy Sudarto kepada wartawan, Kamis (9/4/2020) siang.

Edy mengatakan, modus operandi yang lakukan tersangka warga Dusun Bulangan, Desa Lengkong, Kecamatan Mumbulsari melakukan pencurian dengan cara membuka kotak amal dengan sebuah palu yang telah disiapkan.

“Setelah berhasil membuka kotak tersebut, tersangka berhasil mengambil uang sejumlah sekitar Rp 315 ribu dan memasukkan ke dalam tasnya,” ujarnya.

Advertisement

Dari hasil pemeriksaan lanjut Edy,tersangka yang sehari-hari berprofesi sebagai kuli bangunan itu mengaku, telah tiga kali melakukan aksinya dalam seminggu.

“Tersangka pernah juga mencuri di masjid tegal besar mendapat Rp 50 ribu, kemarin juga mencuri amplier di masjid di area Mangli dan kali ini kotak amal masjid,” terangnya.

Edy menambahkan, tersangka dalam aksinya mengaku melakukan aksinya sendiri dan untuk tersangka akan dikenakan pasal 364 KUHP tentang perbuatan pidana ringan, sedangkan barang bukti yang diamankan, sejumlah uang Rp 315 ribu, kotak amal, Adaptor, dan palu yang dibawa dari rumahnya. (gik/yud/oso)

 

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Trending

Lewat ke baris perkakas