Pemerintahan

Bupati Jember Gandeng Psikolog Atasi Covid-19

Diterbitkan

-

Bupati Jember Gandeng Psikolog Atasi Covid-19

Jember Memontum – World Health Organization (WHO) mendefinisikan sehat yaitu sehat fisik, psikis, ekonomi dan sosial. Sehingga diperlukan psikolog untuk mendampingi masyarakat akibat pandemi Covid-19 pada segi kejiwaan. Dan para psikolog ini tergabung dalam sebuah Tim dengan nama HIMPSI.

HIMPSI merupakan organisasi profesi psikologi di Indonesia. Sebagai organisasi profesi, HIMPSI merupakan wadah berhimpunnya profesional Psikologi (Sarjana Psikologi, Magister Psikologi, Doktor Psikologi dan Psikolog).

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid19 Kabupaten Jember menggelar apel bersama para psikolog, penceramah dan guru ngaji di halaman Mapolres, dihadiri oleh Bupati Faida, MMR, Kapolres, AKBP Aris Supriyono, SIK, M.Si dan Dandim 0824/Jember, Letkol Inf. La Ode M. Nurdin, hari ini, Selasa, 2 Juni 2020.

Dalam sambutannya, Faida mengapresiasi para psikolog di Sekarkijang, di Kabupaten Jember dan sekitarnya, para penceramah dan guru ngaji. Ketiga profesi itu terkait erat dengan faktor kejiwaan masyarakat yang terdampak.

Advertisement

“Kita tugaskan untuk memberikan terapi healing dan mengajari masyarakat menejemen emosi menghadapi situasi yang memang memerlukan adaptasi lebih,” kata Faida.

Ketua satgas melengkapi SOP yang ada di kampung tangguh Covid19. “Gugus Covid Kabupaten menfasilitasi kader kampung Covid ini untuk IT dan layanan online lainnya seperti internet gratis,” kata Faida.

Sementara itu ketua HIMPSI Sekarkijang, Muhid Alwi mengatakan siap membantu satgas Covid19.

“Secara teknis kita akan bersama-sama dengan tim satgas dari Kabupaten dan akan ada pembagian tugas sesuai apa yang bisa kita lakukan dibidang psikologi,” katanya.

Advertisement

Seperti trauma healing kepada masyarakat secara umum maupun kepada mereka yang ditetapkan dengan status ODR, ODP dan PDP.

Dijelaskan oleh Muhid, di setiap lokasi kampung tangguh akan ada 2 sampai 3 orang tenaga psikologi. Di Jember ada 45 orang yang bergabung dengan HIMPSI siap membantu satgas. (bud/oso)

 

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Trending

Lewat ke baris perkakas