Jember

Petugas Damkar Berikan Simulasi Pegawai Lapas Kelas IIA Jember

Diterbitkan

-

Petugas Damkar Berikan Simulasi Pegawai Lapas Kelas llA Jember
Petugas Damkar Berikan Simulasi Pegawai Lapas Kelas llA Jember

Memontum Jember – Enam Petugas Damkar Kabupaten Jember, memberikan pelatihan atau simulasi pemadaman api dengan menggunakan alat pemadam api ringan (Apar) kepada 42 pegawai Lembaga Pemasyarakatan Lapas (LP) Kelas IIA Jember. Menurut Ketua penyelenggara, Mapesik Andre Setiawan, kegiatan pelatihan yang diselenggarakan di lapangan sarana asimilasi dan edukasi yang terletak di Kelurahan Kebonsari, Kecamatan Kebonsari, adalah upaya mengantisipasi terjadinya kebakaran. Baik kebakaran di gedung maupun saat sedang bertugas.

“Di sini petugas pemadam kebakaran (Damkar) Jember, memberikan cara memakai kebakaran dengan alat Apar. Mulai dari menarik tuas tabung dan mematikan api searah angin berhembus. Dalam pelatihan ini, api disiapkan di sebuah tangki kosong yang disiram pertalite dan disulut api,” katanya.

Pelatihan memadamkan api dengan alat Apar, tambah Kepala Seksi Administrasi Keamanan dan Tata tertib di Lapas Kelas IIA Jember itu, sangatlah penting. Karena, fungsi dan kegunaannya sangat diperlukan saat berada di lingkungan kerja, ketika terjadi kebakaran sewaktu – waktu.

“Karena musim kemarau, ancaman kebakaran bisa terjadi dalam gedung terutama di lingkungan kerja,” tambahnya.

Advertisement

Pemateri dari petugas Damkar Kabupaten Jember, Ferdy Eko Putra, menjelas bahwa sosialisasi pemakai Apar, sangatlah penting. Karena, mampu memberikan pertolongan pertama untuk memadamkan api jika terjadi kebakaran.

“Pesan kami, agar sosialisasi Apar tersebut, bisa dijadikan sebagai kegiatan pengetahuan dan keterampilan pegawai dalam pencegahan. Bila terjadi percikan api, segera dicegah dan segera dipadamkan dan melaporkan kepada petugas pemadam kebakaran (Damkar) posko terdekat,” ujarnya. (bud/sit)

Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Trending

Lewat ke baris perkakas