Jember

Bupati Jember Tinjau Ponpes yang Terdampak Musibah Banjir

Diterbitkan

-

Bupati Jember Tinjau Ponpes yang Terdampak Musibah Banjir

Memontum Jember – Bupati Jember, Hendy Siswanto, meninjau lokasi banjir di Pondok Pesantren Ar-Rosyid di Desa Bangsalsari, Kecamatan Bangsalsari, Kabupaten Jember, Jumat (19/11/2021). Dalam musibah itu, tembok Pondok Pesantren Ar-Rosyid, mengalami jebol dalam kejadian yang berlangsung pada Kamis (18/11/2021) malam sekitar pukul 20.00, karena posisinya berada di bibir sungai dan kondisi arus air sungai memang sangat kuat.

“Hari ini ada beberapa titik banjir yang diakibatkan hujan deras kemarin (Kamis, red). Ada tiga titik dan ini di Bangsalsari dan dua titik ada di Semboro,” kata Bupati Hendy Siswanto.

Bupati Hendy juga menyampaikan, jika dirinya telah meminta pengasuh pondok pesantren untuk mengurangi lahan pondok pesantren. Sehingga, sungai bisa lebih lebar lagi.

“Dan Alhamdulillah, pengasuh barusan sudah bersedia mewakafkan. Sehingga, sungai bisa lebih lebar lagi. Apabila arus sungai besar, semoga tidak sampai meluap lagi. Ke depan kemungkinan intensitas hujan masih tinggi, sehingga berpotensi pada debit sungai yang meningkat,” ungkap Bupati Hendy.

Advertisement

Baca juga :

Bupati Hendy juga menjelaskan, alur sungai memiliki beberapa tikungan yang cukup tajam. Sehingga, berbahaya apabila sungainya sempit.

Untuk normalisasi sungai, Bupati mengatakan, akan didiskusikan dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk pengerukan. Dirinya pun mengimbau kepada warga, untuk tetap hati-hati dan waspada terhadap potensi bencana.

“Anak-anaknya dijaga. Jangan boleh main ke sungai dahulu. Khawatir arus sungai mendadak besar,” imbuhnya. (kom/sit)

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Trending

Lewat ke baris perkakas