Jember

Seriusi Kerja Sama Alpukat Pameling, Bupati Jember Gelar Pertemuan dan Matangkan Perencanaan

Diterbitkan

-

Seriusi Kerja Sama Alpukat Pameling, Bupati Jember Gelar Pertemuan dan Matangkan Perencanaan

Memontum Jember – Pemkab Jember akan menjalin kerja sama dengan PT Agro Sari Tunggal Malang untuk budidaya Alpukat Pameling. Bahkan, untuk melangkah lebih jauh lagi, ke dua belah pihak telah melakukan pertemuan dan diskusi, guna untuk mematangkan konsep. Pelaksanaan itu, diselengarakan di sebuah tempat di Sumber Gentong, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Sabtu (27/05/2023) tadi.

Bupati Jember, Hendy Siswanto, dalam kesempatan itu memimpin langsung pertemuan dan diskusi. Terlihat juga, beberapa Kepala OPD dan stakeholder terkait yang turut mendampingi dalam pertemuan.

“Pasar alpukat ini sudah ada. Dengan demikian, kita harus ada investasi lahan dan anggaran yang akan dipenuhi. Sehingga, dapat terus produksi dan memenuhi kebutuhan di pasar. Selain itu, juga harus diperhatikan mengenai distribusinya,” kata Bupati Hendy.

Baca juga :

Advertisement

Alpukat Pameling, imbuhnya, mempunyai potensi yang besar untuk dijual ke pasar internasional. Karena di beberapa negara, alpukat sangat diperlukan dan mempunyai nilai jual tinggi. Bahkan, ada juga yang menjadi kebutuhan sehari-hari untuk dikonsumsi sebagai makanan sehat.

Dalam pertemuan itu, juga dibahas bahwa Alpukat Pameling ini sangat tahan terhadap segala cuaca. Bahkan, termasuk dari penyakit atau hama tanaman. Sehingga, sangat mudah untuk dibudidayakan.

“Hanya ada dua hal yang dapat merusak tanaman Alpukat Pameling. Yaitu manusia dan monyet,” paparnya.

Rencananya, setelah pertemuan itu, para tim ahli beserta jajaran Pemkab Jember akan melakukan peninjuan kebun Alpukat Pameling di Desa Tambaksari, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan. (kom/rio/gie)

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Trending

Lewat ke baris perkakas