Jember

Hadiri Tabur Benih Ikan Diprakarsai Dandim, Wabup Jember Berharap Langkah Nyata Dilakukan Desa

Diterbitkan

-

Memontum Jember – Wakil Bupati (Wabup) Jember, KH MB Firjaun Barlaman, bersama jajaran Forkopimda meninjau penaburan benih bibit ikan di Sungai Desa Ajung, Kecamatan Kalisat, Jumat (09/06/2023) tadi. Sejumlah kegiatan itu, diprakarsai Dandim 0824 Jember, Letkol Inf Rahmat Cahyo Dinarso.

Wabup Jember, Gus Firjaun, dalam kesempatan itu sangat mengapresiasi langkah tersebut. Menurutnya, hal ini adalah langkah yang positif.

“Kami berharap, kegiatan ini patut ditiru seluruh desa di Kabupaten Jember. Sehingga, alam ini bisa menghasilkan sesuatu. Baik itu bermanfaat untuk alam itu sendiri, maupun masyarakat,” kata Gus Firjaun.

Ditambahkannya, melalui kegiatan ini, selain nantinya dapat dikonsumsi oleh masyarakat, hasil pengolahan ikan juga bisa untuk menaikkan ekonomi dan memperbaiki nutrisi kesehatan. Khususnya, bahi ibu hamil dan anak yang mengalami stunting.

Advertisement

Oleh karena itu, tambahnya, agar alam tetap terjaga dibutuhkan kerja sama agar masyarakat menjaga kebersihan dan kesehatan. Terutama, fasilitas umum seperti sungai.

“Janganlah sungai dibuat buang sampah atau hal lain yang tidak membawa manfaat. Jika dimanage dengan baik, sampah bisa menjadi duit,” lanjut wabup.

Baca juga :

Dalam hal ini, peran serta seluruh stakeholder dibutuhkan dalam mengedukasi masyarakat. Dengan pengelolaan yang baik dalam memasarkan potensi kawasan desa tentunya perlu kerjasama dengan pihak desa.

Advertisement

“Banyak sekali dari teman-teman kita yang bisa mengelola dan kami berharap ini bisa dijadikan salah satu sumber pendapatan desa melalui wisata,” tutur Gus Firjaun.

Sementara itu, Letkol Inf Rahmat Cahyo Dinarso, menjelaskan bahwa langkah ini adalah terinspirasi dari kehidupannya di kampung. Oleh karenanya, dirinya ingin menuai tabur kebaikan demi terciptanya sungai yang bersih.

“Mudah- mudahan dengan kegiatan menabur ikan ini, nantinya dapat membuat orang tidak membuang kotoran dan sampah lagi ke sungai. Sehingga, berubah bisa menjaga kelestarian sungai. Kita maunya bukan cuma di Kecamatan Kalisat, tapi di seluruh Kecamatan di Kabupaten Jember. Sehingga, bisa dijadikan pilot project seluruh indonesia,” ungkap Letkol Inf Rahmat Cahyo Dinarso.

Hingga saat ini, terdapat sekitar lima belas ribu bibit dari berbagai jenis ikan yang telah dilepas. Ke depannya, akan ada diskusi lebih lanjut bagaimana caranya memajukan Jember, khususnya pengembangan pariwisata.

Advertisement

“Seperti jalan, semoga ini nanti menjadi pembahasan. Dengan begitu, masyarakat desa beraktivitas dengan produktif dan perekonomian bisa meningkat,” paparnya. (kom/rio/sit)

Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Trending

Lewat ke baris perkakas