Hukum & Kriminal

Kelebihan Muatan, “Roda Ngglundung” Truk Pasir Bikin Macet

Diterbitkan

-

AMBRUK : Kondisi Dump Truk yang terguling di tengah jalan raya. (rir)

Memontum Jember – Diduga kelebihan beban muatan, Dump truck yang sedang mengangkut pasir tambang dari Kabupaten Lumajang oleng dan terguling di tengah jalan raya Ki Hajar Dewantara Kecamatan Jombang Kabupaten Jember hingga mengakibatkan arus lalu-lintas di jalan jurusan Lumajang – Jember tersebut macet, Selasa (3/9/2019) Siang.

Beruntung tidak ada korban jiwa maupun luka dalam Insiden kecelakaan tunggal, penyebab truk naas bernopol P 9294 UK itu akibat as roda belakang putus.

Truk dikemudikan oleh Rohali (50) warga Desa Grenden Kecamatan Puger kemudian terguling dan roda terlepas.

Menurut Kapolsek Jombang AKP Makruf, kecelakaan itu terjadi akibat kelebihan tonase dan beban muatan yang terlalu berat selain itu karena pasir dalam keadaan basah.

Advertisement

“Kejadiannya sekitar pukul 10.00 dan berhasil dievakuasi ke bahu jalan sekitar pukul 14.00 dengan dibantu warga sekitar untuk proses evakuasi, “ terang Makruf.

Makruf mengungkapkan setelah mendapat keterangan dari saksi – saksi kejadian menyebutkan, awalnya kendaraan dump truk yang bermuatan pasir penuh melaju dari arah Lumajang menuju ke arah Jember.

Tepat di jalan raya kecamatan Jombang, tiba-tiba oleng ke kanan tidak lama kemudian terguling dengan posisi kendaraan berada persis di tengah jalan.

Atas insiden tersebut Makruf menghimbau setiap kendaraan pengangkut pasir agar selalu memperhatikan kondisi kendaraan baik kondisi mesin, rodanya dan lain-lainya serta tidak mengangkut muatan yang melebihi batas aturan yang sudah ditentukan.

Advertisement

“Bagi masyarakat yang mengendarai kendaraan di jalan, agar mematuhi aturan lalu-lintas dan pengangkut pasir agar muatan jangan melebihi tonase sehingga tidak terjadi kecelakaan yang menggangu arus lalu lintas,” pungkasnya.

Diketahui sampai media mengeksposnya, kendaran masih berada di pinggir jalan jalan raya Ki Hajar Dewantara Kecamatan Jombang dan untuk sopir walaupun tidak mengalami luka berat, kini berada di puskesmas setempat. (rir/yud/oso)

 

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Trending

Lewat ke baris perkakas