Pemerintahan

5578 Nelayan Terima Bantuan Pemkab Jember – BPJS

Diterbitkan

-

Penyerahan bantuan asuransi nelayan.
Penyerahan bantuan asuransi nelayan.

Memontum Jember – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember bekerjasama BPJS Ketenagakerjaan Cabang Jember, menyerahkan bantuan asuransi nelayan kepada sekitar 5578 nelayan se Kabupaten Jember, Selasa (6/10). Pemberian bantuan dalam rangka untuk meningkatkan kesejahteraan serta jaminan perlindungan untuk nelayan itu, dilakukan secara simbolis oleh Plt Bupati Jember, Drs. KH. A.Muqit Arief didampingi Plt Dinas Perikanan Kabupaten Jember, Rizal.

Turut hadir dalam penyerahan itu, Camat Puger, Moch Winardi serta Mupika Kecamatan Puger. Tidak ketinggalan, acara diikuti secara daring oleh sekitar 210 nelayan dari perwakilan Kecamatan Gumukmas, Kencong, Ambulu, Tempurejo dan Kecamatan Wuluhan.

“Bantuan selanjutnya akan diserahkan secara langsung. Yakni, diantar ke rumah nelayan masing – masing,” kata Plt Bupati yang juga pengasuh Pondok Pesantrean Al – Falah di Kecamatan Silo.

Kyai Muqit- sapaan akrab Plt Bupati Jember, menyampaikan dengan adanya pembagian asuransi nelayan, diharapkan nelayan mendapatkan jaminan perlindungan dan terhindar resiko yang dialami nelayan pada masa yang akan datang. Serta, memudahkan resiko yang seharusnya ditanggung nelayan kepada pihak asuransi.

Advertisement

“Pekerjaan nelayan itu penuh resiko. Berbeda dengan petani, mereka adalah masyarakat yang rentan terhadap kecelakaan kerja. Apalagi di Kecamatan Puger, banyak peristiwa kecelakaan di laut yang dialami para nelayan disini. Itulah pentingnya asuransi dan perlindungan jaminan sosial bagi nelayan,” terangnya.

Kyai Muqit menambahkan, syarat penerima kartu asuransi nelayan yakni warga Kabupaten Jember. Lalu, belum pernah menerima asuransi yang dibiayai pemerintah dan bukan peserta mandiri serta usianya di bawah 60 tahun.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Jember, Rizal, menjelaskan bahwa premi asuransi dibebankan pada APBD Dinas Perikanan Kabupaten Jember, untuk tahun anggaran 2020. Ada pun jumlahnya, sebesar Rp 190, 232 juta, dengan hitungan 5578 orang nelayan dikaiikan Rp 34.104. “Berdasarkan data BPJS tahun 2019, di Kabupaten Jember ada 12.493 orang nelayan,” jelasnya. (bud/sit)

 

Advertisement

 

Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Trending

Lewat ke baris perkakas