Berita

Pengurusan SKU Diskop Jember Disusupi Tim Sukses Cabup

Diterbitkan

-

Warga yang menunggu antrian di Diskop Jember.

Memontum Jember – Proses pengurusan SKU (surat keterangan usaha) di Dinas Koperasi kacau balau. Penyebabnya adalah keberadaan sejumlah orang yang mengaku relawan menguasai proses pendaftaran SKU. Bukannya meringankan beban staf atau pegawai Diskop Jember, mereka malah menyepelekan staf kantor yang berada di Jalan Karimata, Jember. Kehadiran relawan tersebut ternyata atas perintah kepala dinas.

Menurut staf Diskop yang namanya enggan disebutkan namanya mengatakan, terkait pengajuan bantuan UMKM yang dilakukan, seperti pembuatan SKU sebenarnya semua sudah bisa ditangani oleh staf Diskop. ”Tidak perlu melalui relawan lah, kan sudah ada staf yang mau mengurusinya. tenaga kita sudah cukup dan bekerja secara maksimal. Itu anak buah Heru (salah satu tim sukses). Pak Kadis sepertinya sudah ada perjanjian dengan orang itu,” ujarnya serius.

Lebih jauh staf tersebut mengatakan, saat ini kantor Dinas Koperasi telah melayani dan menerbitkan ribuan SKU walaupun tanpa dibantu relawan. “Yang sudah terbit SKU kurang lebih 2000 lebih dan yang sudah terentri yang siap dicetak sekitar 4000. Setahu saya untuk pengajuan bantuan UMKM itu, mudah dan merupakan niat baik presiden untuk pemulihan ekonomi rakyat di masa pandemi (Covid-19) ini,” kata staf Diskop kepada memo x saat dikonfirmasi di Kantor Diskop dan UMKM Jember, Selasa(1/9/2020) siang.

Harapan dirinya terkait pengurusan SKU kalau bisa pihak luar jangan sampai untuk mengurusi juga dikarenakan semua staf masih mampu untuk bisa mengurusinya. “Jujur terkait relawan yang mengaku dapat mandat atau perintah dari kadis Diskop sangat tidak mengenakkan kepada semua staf, salah satu contoh kalau ada data yang hilang siapa yang mau tanggung jawab kalau melalui relawan. Terkait informasi kapan terakhir pengajuan bantuan tanggal 4 September,” imbuhnya.

Advertisement

Terpisah saat dikonfirmasi melalui telpon whatsApp, Kepala Diskop dan UMKM Jember Dedi M Nurahmadi mengakuinya. Dedi malah kemudian seakan menantang, dengan menanyakan kepentingan wartawan terkait kisruhnya pengurusan SKU akibat keberadaan relawan. ”Lalu hubungan dengan sampean apa?,” katanya. (vin/tog/mzm)

Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Trending

Lewat ke baris perkakas