Jember

Libatkan 14 OPD Jember, Diskominfo Gelar Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik

Diterbitkan

-

Memontum Jember – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Jember menggelar evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) atau e-government, Selasa (20/06/2023) tadi. Pelaksanaan yang digelar di Aula BKPSDM Jember, diikuti sekitar 14 OPD di Lingkup Pemkab Jember. 

Sekedar diketahui, SPBE atau e-government merupakan penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Tujuannya, untuk memberikan layanan kepada instansi pemerintah, Aparatur Sipil Negara, pelaku bisnis, masyarakat dan pihak-pihak lainnya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jember, Bobby Arie Sandy, mengatakan bahwa tiap OPD memiliki peran untuk menginput data pendukung di 47 indikator evaluasi SPBE. Seperti salah satunya, Bappeda yang berperan dalam memberikan domain data dan informasi, Diskominfo sebagai domain aplikasi SPBE, infrastruktur SPBE dan keamanan SPBE, serta Bagian Organisasi sebagai domain proses bisnis dan OPD lainnya sebagai produsen data.

Baca Juga :

Advertisement

Data yang telah dikumpulkan oleh produsen data, paparnya, akan diolah dan ditindaklanjuti dari tiap masing-masing OPD sendiri. Sehingga, Kepala OPD diminta bantuannya dalam percepatan proses penginputan data. Mengingat, batas data harus diinput di akhir Juni.

“Dari produsen data yang dikumpulkan, kita berikan arahan dan tindak lanjut. Jika operator sudah diberikan link, maka dimohon bantuan dari masing-masing kepala OPD untuk mengawal. Karena, kita hanya punya waktu sampai akhir Juni untuk bisa input data dan ini cukup banyak,” terang Bobby.

Sebenarnya, papar Kadis Kominfo, ini adalah bukan data yang sulit ataupun baru. Karena, sudah dikerjakan namun belum terdokumentasikan dengan baik.

“Sehingga, evaluasi SPBE ini menjadi standar dari pemerintah pusat dan kementerian PANRB dalam mengukur proses pemerintah daerah sendiri dengan standar SPBE,” tegasnya. (kom/rio/sit)

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Trending

Lewat ke baris perkakas